FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO (PER) PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2014

Merry Anna Napitupulu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Dividen Payout Ratio (DPR), Earning Growth (EG), Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun. Total sampel penelitian adalah 36 laporan perusahaan yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang sebelumnya telah dianalisis dengan uji normalitas dan uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedastisitas).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dividen Payout Ratio (DPR), Earning Growth (EG), Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio (PER). Di sisi lain penelitian juga menunjukkan bahwa Dividen Payout Ratio (DPR), Earning Growth (EG), Debt to Equity Ratio (DER) secara signifikan berpengaruh terhadap Price Earning Ratio (PER).


Keywords


Dividen Payout Ratio; DPR; Earning Growth; EG; Debt to Equity Ratio; DER; Price Earning Ratio; PER

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi - Universitas Methodist Indonesia

Jalan Hang Tuah No. 8 Medan, Sumatera Utara 20152

http://methosika.net

METHOSIKA is indexed by:

Indexed PKP Index Indexed Google Scholar NelitiCom